Kamis, 11 Februari 2010

Nelayan Kutim Panen 2 Ton Rumput Laut


BONTANG,- Kelompok Nelayan Harapan Baru Teluk Pandan Kutai Timur memanen dua ton rumput laut di perairan Teluk Pandan. Kelompok binaan PT Indominco Mandiri (IM) tersebut sebagian besar memulai budidaya rumput laut sejak 2005 di perairan Pagung Bontang Lestari. "Sebenarnya mereka ini ekspansi dari Bontang Lestari, 2006 pindah ke Tihi-Tihi dan 2008 masuk Teluk Pandan," ujar Sulaiman Community Development Organizer (CDO) PT IM.

Ia menjelaskan kelompok tersebut beranggotakan 25 orang dan sejak 2008 didukung dalam bentuk pendampingan dan bantuan bibit, tali serta perahu untuk memperlancar operasional. "Selain itu ada Dinas Kelautan yang juga secara sinergis melakukan pendampingan bersama kami," katanya.

Dalam panen rumput laut itu juga hadir CDO PT IM Hainun, Heldy Ferdian dari Dinas Kelautan serta Camat Teluk Pandan Hanasiah. Sulaiman menjelaskan, potensi pengembangan komoditas rumput laut di kawasan tersebut cukup tinggi.

Buktinya, kelompok nelayan Harapan Baru yang dulunya hanya menggunakan 35 jalur untuk budidaya, kini naik menjadi 85 jalur. "Satu jalur bisa mencapai 100 sampai 200 kilogram. Selanjutnya kaum perempuan di sana juga sangat tertarik mengembangkan produk olahan rumput laut untuk home industry," ujarnya. (asi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar